Kamis, Oktober 21, 2010

8 Cara Mengajarkan Anak Tata Krama
Eya Ekasari - wolipop


Dok. : Thinkstock

Jakarta - Tidak ada kata terlambat untuk mengajarkan anak Anda mengenai etika dan kesopanan. Mungkin Anda sekarang sedang bertanya-tanya apakah yang sebaiknya harus dilakukan untuk mulai mengajarkannya.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan si kecil untuk berperilaku baik di depan umum :

1. Jadilah contoh teladan yang baik.
Tidak adil jika mengharapkan si kecil bersikap sopan jika orangtuanya sendiri tidak memiliki sopan santun.

2. Jangan memaksakan tata krama yang memang belum dapat ia lakukan.
Berikan buah hati Anda waktu untuk bertumbuh, ajar mereka untuk berperilaku yang tepat disaat yang tepat. Pemahaman dan kemampuannya untuk memahami sesuatu sedang berkembang, maka ajarkan anak Anda mengenai tata krama secara bertahap.

3. Saat Anda berbicara dengan si kecil mulailah menggunakan kalimat seperti 'tolong', 'terima kasih', 'permisi', 'maaf', dan 'bolehkan mama'.
Dorong anak Anda untuk melakukan hal yang sama saat berbicara dengan orang lain. Beri respons secara positif. Tidak salah pula bila memberikan pujian yang akan membuatnya merasa tersanjung dan mau melakukannya lagi kelak.

4. Si kecil suka sekali meniru pembicaraan orang lain.
Memang inilah yang terjadi ada anak usia batita. Proses alami ini dapat memberi dampak positif dan negatif. Dampak positifnya adalah anak mampu menunjukan peningkatan kemampuan berbahasa dan kosakatanya, sedangkan untuk dampak negatifnya anak ikut kebiasaan mengumpat.
Tentu saja bila hal ini terjadi tidak adil bila menyebut ini sebagai kenakalan anak. Ingat, si kecil hanya meniru dari lingkungan dan sangat mungkin ia meniru pembicaraan Anda. Maka dari itu jagalah pembicaraan Anda saat berada di sekitarnya.

5. Ajarkan anak Anda untuk menggunakan panggilan yang tepat.
Seperti dengan menggunakan kalimat panggilan : Tante, Ibu, Mbak, Bapak dan lain-lain untuk menyapa orang yang lebih tua, bahkan terhadap sang babysitter.

6. Berikan si kecil pengetahuan mengenai etika-etika kesopanan lainnya yang dibutuhkan.
Seperti dia harus belajar bagaimana berjabat tangan, menunjukan rasa hormat terhadap orang tua, berperilaku tenang di tempat umum dan tidak mengganggu orang lain saat sedang berbicara. Dia juga harus belajar untuk tidak menggunakan barang orang lain kecuali telah diberikan ijin dari pemiliknya

7. Pastikan anak Anda tetap berperilaku sopan di masa depannya dengan sesekali mendiskusikan mengenai etika kesopanan.
Sebaiknya luangkan waktu dan jelaskan padanya mengapa ia tidak boleh melakukan hal yang melanggar etika.

8. Jangan lupa akan kekuatan dari pujian.
Siapapun akan senang bila diberikan pujian, terutama si kecil. Oleh karena itu, biasakan untuk memberikan pujian saat ia berkelakuan baik untuk memotivasinya melakukan perbuatan baik tersebut kembali. (eya/eya)
_________________________________________________________
Artikel ini telah diterbitkan oleh : wolipop.com dan ditulis kembali oleh : @Kang MJ
Kang MJ berkata :
Wahai anak-anak, putra-putri bangsa : Jadilah anak-anak & putra-putri generasi penerus bangsa yang baik, pintar, cerdas dan berguna bagi keluarga, masyarakat, nusa, bangsa dan negara. Jadilah anak-anak & putra-putri bangsa yang saling menghormati dan saling menghargai sesama manusia serta mencintai alam & lingkungan dengan baik dan benar.

Tidak ada komentar: