Sabtu, Oktober 17, 2009

PORT USB


PADA DVD-player yang mempunyai fitur RIPPING (merubah format CD AUDIO/ACD ke format MP3 di dalam Flash Disk) dan atau yang hanya bisa membaca format gambar/suara: jpeg, mpeg, avi atau mp3 pada flask disk, pasti memiliki port usb yang umumnya diletakkan di Panel Depan DVD-player, tetapi ada juga yang diletakkan di bagian samping atau bahkan di Panel Belakang, yang boleh jadi ditandai dengan gambar seperti berikut ini.

atau

Pemasangan Port USB (port perempuan/female) tersebut ke Modul Mpeg adalah secara langsung dengan melalui kabel biasa (4 kabel penyambungan) yang ujungnya biasanya menggunakan socket. Susunan kaki/pin out dan fungsi-fungsinya bisa dilihat pada gambar dibawah ini (Gambar USB Standart A).

Hal-hal yang harus diperhatikan adalah pemasangan atau peng-kabel-an ke Modul Mpeg dan ke Port USB itu sendiri, jangan sampai terbalik. Apabila ada pemasangan kabel yang terbalik atau salah pemasangannya, bisa jadi Flash Disk yang ditancapkan/dipakai ke Port USB bisa langsung mengalami kerusakan yang fatal (tidak bisa dipakai lagi). Perhatikan susunan standart dari port usb di atas dengan seksama. Amati jalur peng-kabel-annya, ke dan di Modul Mpeg. Ukur tegangan pada pin + atau tegangan supply untuk port usb, yaitu sebesar + 5 Volt, apabila melakukan perbaikan DVD-player dengan kasus,misalnya : DVD-player tidak bisa membaca Flash Disk atau Flash Disk Tidak Berfungsi.


ikuti terus penjelasan selanjutnya ............

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Mas MJ, informasinya sangat bagus sekali, saya suka mempelajari sistem DVD player dari awal dan penjelasan Mas MJ benar-benar sangat mudah dimengerti. Suwun Mas MJ. Saya tunggu terus informasi yang lain.

Wawan, Madiun

MJ-info mengatakan...

Mas Wawan,Teng-u bangeeet atas perhatiannya. Mudah-mudahan materi tsb. sangat bermanfaat bagi praktisi-praktisi elektronika di manapun berada. MJ-info STUDIO.