Rabu, Oktober 14, 2009

SENSOR IR (INFRARED)


Pada Panel Depan DVD-player yang memiliki fasilitas Remote Control (Remote Commander) pasti terdapat tulisan IR atau R dimana dibalik tulisan itu terdapat komponen yang orang awam menyebutnya sebagai SENSOR. Sebenarnya, nama lengkapnya adalah Infrared Receiver Sensor. Bentuk dan Fungsi-fungsi kaki-nya seperti terlihat pada Gambar di samping.


Sistem peng-kabel-an sensor tersebut ke Mpeg modul adalah penyambungan langsung, artinya kaki yang berfungsi sebagai tegangan supply +5V, GND dan IR biasanya dihubungkan dengan kabel ke pin-pin +5V, GND dan IR pada socket untuk display yang ada di Mpeg modul secara langsung, adakalanya untuk jalur +5V, arus yang masuk ke sensor dibatasi oleh satu resistor dengan resistansi yang kecil, misalnya 47 Ohm atau 100 Ohm.

Ada berbagai type sensor dan memiliki fungsi kaki-kaki-nya yang letaknya berbeda, dimana kaki yang berfungsi sebagai IR berada pada kaki tengah dan ground (GND)-nya berada di sebelah kanan. Jadi, apabila sensor asli atau original-nya rusak dan diganti dengan sensor pengganti (tidak sama dengan original-nya), maka harus diperhatikan letak dari fungsi kaki-kaki-nya yang benar, bila terjadi kesalahan pemasangan (terbalik) bisa jadi akan merusakkan sensor itu sendiri.

Perbedaan gambar di atas dan di bawah adalah letak pin IR-nya terletak di tengah dan pin GND-nya terletak di sebelah kanan, sedangkan pin +5V-nya sama. Contoh Panel Depan DVD-player yang memakai Sensor type seperti ini terlihat pada gambar berikut.

Gambar PCB Panel Depan bila dilihat dari sisi komponen, perhatikan letak pin-pin dari Sensor IR-nya.


Tidak ada komentar: