Sabtu, Oktober 24, 2009

POWER SUPPLY DVD-PLAYER





Power Supply untuk DVD-player biasanya disebut juga sebagai Modul Regulator. Teori dasar dari pembahasan Power Supply DVD-player adalah Switching Regulator atau dikenal dengan nama SMPS (Switch Mode Power Supply).
Berikut adalah bagian-bagian penting dari Switching Regulator :
  1. AC Line Filter : Berfungsi sebagai filter (penyaring) noise frekuensi jala-jala listrik. Terdiri dari sebuah transformator (kumparan) dan 2 buah kapasitor pada bagian input dan output dari transformator.
  2. Rectifier & Smoother : Rectifier berfungsi sebagai penyearah tegangan bolak-balik (AC) menjadi tegangan searah (DC) sedangkan Smoother berfungsi sebagai memperkecil tegangan ripple hasil dari penyearahan tegangan bolak-balik tadi. Terdiri dari 4 Diode Penyearah (Rectifier) dalam rangkaian penyearah jembatan (bridge rectifier), sebuah resistor untuk membatasi arus tarikan awal (inrush current) sewaktu kapasitor penyaring/filter masih dalam kondisi kosong, dan sebuah elektrolit kondensator (ELCO).
  3. Trigger Circuit : Berfungsi untuk memberikan tegangan bias awal (pertama kali/start) agar power switching mulai bekerja atau mulai ber-osilasi). Pada umumnya terdiri dari atas serial resistor.
  4. Snubber : Berfungsi untuk menghilangkan lonjakan tegangan (surge voltage). Terdiri dari sebuah kapasitor, diode dan resistor.
  5. Main Switching : Berfungsi men-switch on-off tegangan DC hasil penyearahan dengan periode tertentu. Terdiri dari rangkaian osilator (oscillator), driver dan base current control yang berfungsi untuk mengatur lebar pulsa ( PWM= Pulse Width Modulation). Pada Modul Regulator DVD-player, bagian Main Switching biasanya berupa IC SMPS (Switch Mode Power Supply) misalnya : VIPer22A, DH321, Power20(30)(50), TEA1523P, 5L0365R, 5L0380R, DM365R, 5L02659R atau type-type sejenis.


  6. Secondary Rectifier & Smoother : Menyearahkan tegangan output dari travo switching pada gulungan sekundernya dan Smoothernya berfungsi sebagai filter (penyaring) atau menekan tegangan ripple (penghalus ripple) hasil penyearahan tegangan oleh Diode High Speed atau Diode Schotchky Barrier. Terdiri dari sebuah Diode High Speed Switching misalnya SR360 atau 1N5822 dan sebuah ELCO.
  7. Voltage Detector & Error Amplifier : Men-deteksi perubahan tegangan output dimana perubahan tegangan tersebut akan di-informasikan ke Main Switching melalui opto-coupler atau photo-coupler misalnya PC817.

Contoh lain Modul Power Supply DVD-player :





Di bawah ini adalah Diagram Blok dan Diagram Skematik dari Modul Regulator suatu DVD-player :


Contoh-contoh Rangkaian Power Supply DVD-player (Skematik Diagram) :







Coba perhatikan tegangan-tegangan keluaran (output) dari Modul Power Supply DVD-player, terlihat terdapat tegangan +12V, -12V dan 5V serta Ground-nya (GND). Susunan tegangan keluaran pada socket Modul Power Supply tidaklah standart artinya pada tiap-tiap modul susunan atau posisi tegangan tidak selalu sama. Jadi penting untuk diperhatikan posisi tegangan keluaran pada socket modul power supply agar tidak terjadi kesalahan atau kerusakan yang fatal pada Modul Mpeg.
Periksa juga socket tegangan masukan/input yang terdapat pada Modul Mpeg. Pada gambar-gambar Modul Power Supply di atas, socket untuk tegangan keluaran/output ada yang 5-pin, 6-pin dan ada juga yang 7-pin. Hal ini tidaklah penting, hal yang terpenting adalah tegangan-tegangan berapa saja yang dibutuhkan Modul Mpeg ? Contoh : Bila Modul Mpeg hanya membutuhkan tegangan supply +12V dan +5V, biasanya kabel tegangan supply yang ke Mpeg hanya berjumlah 4 kabel, yaitu untuk tegangan +12V, +5V dan terdapat 2 GND(Ground). Ada juga Mpeg yang membutuhkan tegangan -12V disamping tegangan +12V dan tegangan +5V, jadi pada socket untuk tegangan keluaran Modul Power Supply biasanya terdapat 6 kabel yaitu terdiri dari tegangan +12V, -12V, +5V dan 3 GND(Ground).

PERUNTUKAN TEGANGAN KELUARAN POWER SUPPLY DVD-PLAYER UNTUK BAGIAN-BAGIAN MODUL MPEG

Tegangan +12V dan -12V adalah untuk IC Pre Audio Amplifier (Penguat Awal Suara). Adakalanya IC Pre Audio Amplifier bisa dioperasikan dengan satu tegangan supply yaitu hanya memakai tegangan supply sebesar +12V saja misal : IC F4558

Tegangan +5V yang pada Modul Mpeg akan diturunkan menjadi tegangan +3V (3.3V) adalah untuk memberi tegangan supply IC Microprocessor, IC Flash Memory, IC SDRAM dan Optical Pick-Up (Optic) misal : IC SPHE8200, SPHE8202A, SPHE8202S, SPHE8202L, SPHE8202D, SPHE8281, EN25F80, EN25T80, A25L80P, A25L080-F, W25D80VAIZ, K4S641632H-UC60, W9816G6CH-6, W9864G6XH-6, dll.

Tegangan +5V juga dibutuhkan untuk men-supply tegangan Vcc IC Motor Driver (Servo Motor) misal : IC AM5888S atau CD5888CB

Tegangan +5V juga dibutuhkan untuk men-supply tegangan Vcc IC Kontrol Panel Depan/Display misal : IC SM1628C (CS1694EO) atau SM1623B (CS1674EO)

Untuk DVD-player yang memakai Display VFD (Vacum Fluoresence Display) tegangan supply untuk VFD-nya adalah -21V atau yang sesuai dengan spesifikasi dari masing-masing jenis VFD yang digunakan, jadi Modul Power Supply harus menyediakan tegangan tersebut. Suatu contoh DVD-player VITRON model : DVD-666 SLOT-IN menggunakan Mpeg type VIT 230-01A memakai display VFD,dimana Modul Power Supply-nya menyediakan tegangan-tegangan : +12V, -12V, 3V3, +5V dan -21V.
ikuti penjelasan selanjutnya ......



create avatar
Create avatar

34 komentar:

pradana mengatakan...

alloww abang,slm knl dari penulis pradana....wah infonya menarik nih kayaknya butuh banget info mengenai dvd ,lanjut bang postingnya ditambah ........mj-mj-mj-oke.....

MJ-info mengatakan...

Salam kenal juga, Mas.
Mas Pradana atau Mas yang punya Pradana Electronic, pertama saya sampaikan teng-u banget atas perhatiannya pada materi yang saya berikan. Kedua, kalo materi yg saya berikan ada manfaat-nya Alhamdulillah. Ajak kawan-kawan kunjungi mj-mj-info, supaya sharing pengetahuan bisa berjalan dengan efektif. Sekali lagi, suwun bangeeet atas atensinya. MJ-info STUDIO

ade mengatakan...

mas mj makasih bgt untuk infonya, tapi sy mo tanya kalo rgulator untuk dvd sama untuk semua merk, slnya punya ku merk philips harus ganti regulator, kalo bisa skalian harganya kira2 brapa yach???

MJ-info mengatakan...

Mas Ade, kalo mau mengganti modul regulator original dengan modul regulator yang ada di pasaran, saya yakin anda sudah mengetahui besar tegangan-tegangan output modul regulator original yang dibutuhkan oleh DVD-player Phillips tsb. Harga modul regulator yang dijual dipasaran (modul seperti pada materi yang saya berikan) berkisar antara Rp. 20.000,- s/d Rp. 30.000,-. Kalo harga modul regulator original Phillips saya belum tahu, yang pasti harga jauh lebih mahal yang ori.

Athok mengatakan...

Halo mas, saya Totok di Palembang. Saya punya dvd merk bluesky tapi pas mau saya pake nggak mau nyala, kira2 apa ya kerusakannya ?

Athok mengatakan...

Salam kenal mas....info2nya oke banget nih buat panduan, oh ya masa, saya punya masalah dengan dvd saya yang nggak mau hidup..kira2 apa ya masalahnya? thanks ya...

MJ-info mengatakan...

Sdr. Athok, check dulu tegangan-tegangan keluaran Modul Regulator. Apakah tegangan-tegangan dari regulator sudah masuk ke Modul Mpeg? periksa peng-kabel-an-nya. Apakah tegangan 5 volt-nya normal, jika normal coba check socket yang ke arah panel depan/display, salah satu pin socket, pasti ada tegangan 5 Volt-nya, jika normal coba check tegangan vcc IC Flash Memory (eprom)-nya. Bila masih belum bisa, silahkan kontak lagi. Teng-u.

Mas Thoriq mengatakan...

salam mas. mau tanya ni...
kemarin ada tetangga yg bilang DVDnya rusak hanya krn anaknya jatuhin DVDnya,,,gk terlalu tinggi katanya.
trus tak buka DVDnya ternyata power supplynya gk ada tegangan keluarannya (baik itu 5 atau 12 volt).
trus.. tak cek output trafo, sampai tak lepas juga.. dengan karakteristik trafo DVD yg seperti itu kata temanku gk papa,
juga tak cek optocouplernya...,juga gk masalah..

nah, dg problem spt itu saran mas MJ gimana?..
apa mungkin IC high voltage switchernya rusak?..
gk ada rusak fisik yg keliatan, jd bkin agak sulit
mohon dibantu ya..trims

MJ-info mengatakan...

Thoriq, cara memeriksa apakah IC SMPS (Switch Mode Power Supply) rusak apa tidak adalah sbb : Ukur tegangan di ELCO 47MF/400V dengan menggunakan DC Voltmeter dengan batas ukur 1000 Volt : Apakah pada saat Saklar Power di-ON-kan, ada tegangan sekitar 300 Volt, lalu mati-kan saklar power (OFF-kan) lalu perhatikan apakah tegangan sekitar 300 Volt tadi menjadi Nol ? Ataukah tegangan di ELCO masih tetap sekitar 300 Volt? Apabila tegangan masih tetap ada sekitar 300 Volt, sudah bisa dipastikan IC SMPS tersebut sudah mengalami KERUSAKAN. Coba sebutkan type IC SMPS itu, saya akan berikan datasheet pdf-nya.
MJ-info

eka mengatakan...

mas saya mau nanya, DVD saya vitron rusak, setiap kali power dimasukin tiba2 fuse 2A/250V nya langsung meledak dan putus..kira2 masalahnya apa ya??

MJ-info mengatakan...

sdr. Eka, DVD-player Vitron yang anda miliki menggunakan Modul Regulator type apa ? Kalo DVD-player anda Seri-9 berarti menggunakan Modul SJ-302, Untuk seri-3, seri-5 dan seri-6 pakai modul regulator type KYS-1823 atau SJ-DV321 atau SJ-DV22A. Jadi tolong disebutin type modul regulatornya, supaya lebih mudah untuk menjelaskan bagian/komponen mana yang rusak. Tetapi secara umum bisa saya jelaskan tentang kerusakan yang dialami DVD-player Vitron : apabila sekring (fuse) selalu putus pada saat power on, ada kemungkinan diode penyearah jembatan terjadi short (hubung singkat)atau terjadi kerusakan (hubung singkat) pada travo switching atau juga untuk keadaan yang lebih parah terjadinya hubung singkat pada bagian input di dalam IC SMPS. Perhatikan solderan-solderan pada PCB khusunya pada kaki-kaki IC SMPS-nya.

Anonim mengatakan...

mas,
power supply dvd regulatornya terbakar, typenya power 22D.. jadi pas kemaren klo dicolokin listrik sekringnya lsg putus. kira2 regulator penggantinya pake apa aja? soalnya saya dah muter2 nyari tu modul ak ktemu...

Adhyph mengatakan...

Mas IC SMPS untuk Reguylator Vitron type SJ-DV321 kode berapa ya?

MJ-info mengatakan...

Sdr. Adhyph, jika anda punya alamat email, datasheet pdf untuk IC SMPS DH321 akan lebih sip saya kirim lewat email saja. Selain IC SMPS tsb, akan saya kirimkan juga IC SMPS yg lain, seperti : ViPER22A dan TEA1523P.

adhi mengatakan...

slm kenal mas mj dr adhi, mas mj sy pny dvd vitron type mr (sj dv-321) rsk krn terbakar. sebab awal fuse pts sy ganti dgn kwt jumper, yg terbakar : elcho 400v33mf, hambatan 220 n 1k, vipera 22A, TL431. smua sdh sy ganti n smua dioda sdh sy cek msh bgs (fr n sr), trus sampe sy ganti jg elcho 16v1000mf n 16v470mf beserta fuseny.. tp knp ttp ga nyala y..?? tlg pencerahanny...!!!

Anonim mengatakan...

Mas mau tanya, kalo output power supply dri dvd cuma 8v dan 3v, kira2 bagian apa yg rusak dari modul ps tsb yah? efeknya dvd jalan, gak berapa lama spt hang. trims sebelum sesudanya.

KANG MJ mengatakan...

Untuk Problem Power Supply yang dialami Adhi : Coba periksa diode-diode penyearah jembatan biasanya 1N4007, kalo salah satu saja diode itu ada yang short, dapat dipastikan sekring akan putus, walaupun komponen yang lain sudah diganti. Pastikan diode tidak ada yang short, kemudian on-kan power supply dan ukur tegangan pada elco 33MF/400V dgn DC VOLTMETER, kondisi normal/baik adalah sekitar 300 Volt. Selamat melakukan pengukuran. Semoga bermanfaat.

KANG MJ mengatakan...

Untuk Problem Power Supply yang tegangan outputnya drop sebelum diberi beban : yang mestinya 5V menjadi 3V dan 12V menjadi 8V : coba periksa dengan teliti diode-diode high speed switching (diode schotky) yaitu berada setelah travo switching antara lain SR360 atau HER304 (Diode 3 Ampere) dan Diode FR157 atau FR107 (Diode 1,5 Ampere atau Diode 1 Ampere), diantara diode-diode itu pasti ada yang short. Lakukan pengukuran dengan ohmmeter, untuk mengetahui baik buruknya diode-diode tersebut. Saya yakin anda segera dapat menemukan kerusakan dari power supply tsb.

Anonim mengatakan...

mas sy mau minta tolong kalo ada photo psu dvd vitron 901r yang ada amplinya, dvd pnya sy gak nyala krn komponennya uda pada copot krna karatan terutama bagian dekat trafo warna kuning,mksh sblmny.

KANG MJ mengatakan...

Ada beberapa photo Modul Regulator DVD Seri-9 (DVD-901R) yang bisa anda peroleh melalui email, berikan alamat email anda, dan tunggu kiriman photo-photo modul regulator yang dimaksud. Terima kasih.

Anonim mengatakan...

mas saya dedi, ini alamat email saya yana1crr@gmail.com.di tunggu jawabannya.

Anonim mengatakan...

mas,terimakasih atas photo2 psu dvd dan datasheet.pdf nya sangat membantu saya dan saya bisa mempelajari keruksakaan dvd yang saya alami. Dedy

Anonim mengatakan...

mau nanya mas, output tegangan regulator DVD putus² atau tidak stabil, kerusakannya apa mas ?

KANG MJ mengatakan...

Untuk kerusakan dimana tegangan output regulator dvd yang tidak stabil, biasanya terjadi pada regulator yang menggunakan IC SMPS type ViPER22A yaitu modul regulator type KYS-1823 atau yang mengunakan IC SMPS type DH321 yaitu modul regulator type KYS-DV321 dan kerusakannya adalah pada resistor 100 ohm yang membesar resistansinya atau resistor 22 ohm yang membesar resistansinya. Cari resistor 100 ohm 1/4 watt lalu pararelkan dengan resitor 100 ohm 1/4 watt yang terdapat pada modul regulator diatas. Selamat mencoba semoga berhasil. Salam Tek-Tek dari Kang MJ

Ady al-farizi mengatakan...

pa kbr kang MJ sehat?mo tanya neh,boleh...?

1.saya ada dvd asatron cuma bisa setel cd klo buat dvd cakram no disk...

2.klo mau saya ambil bagian audionya saja buat di tambahkan ke power ampli karena tertarik dengan system dolbynya bisa gak ya n yang mana?makasih sebelumnya....
Nb:baru nemu blog yg bau jawab pertanyaan pengunjung,pertahankan kang MJ....kata orang dulu ilmu yg diamalkan akan terus bertambah...he..he..he...

KANG MJ mengatakan...

Kerusakan dimana DVD-player tidak bisa membaca piringan dvd (disc dengan format dvd) bisa terjadi pada optical pick up-nya atau terjadi kerusakan pada MPEG modulnya sendiri, tapi biasanya kerusakan terjadi pada OPU (Optical Pick Up) atau orang awam mengatakan optic, coba cek terminal proteksi pada optic barangkali masih tersambung, kalo masih tersambung, ya jelas no disc terus untuk pembacaan piringan dvd, putuskan solderan untuk proteksi laser diode pada optic, lalu coba playback lagi piringan dvd.
Sedangkan untuk pertanyaan kedua :
pada mpeg-mpeg buatan pabrikan china biasanya untuk output audio dolby digital atau dolby DTS 5.1 hanya terdapat pada output digital optical-nya, sedangkan pada output audio analog rca itu bukan output DTS 5.1 karena hanya paralel saja dengan FR (Front Right) dan FL (Front Left) atau paralel dengan MR (Mono Right) dan ML (Mono Left), demikian penjelasan @kang, mudah-mudahan bisa membantu dan salam tek-tek dari kang mj

Ady al-farizi mengatakan...

makasih penjelasannya kang....sukses slalu maf ralat kalimat itu bukan bau tapi baru...he..he...

Anonim mengatakan...

Kang Mj, sy ipankz.
Mohon bantuannya, sy punya DVD merk tcl, pada modul regulator bermasalah tdk mengeluarkan teg out. Untk cap 33MF sudah sy ukur cuma 199,8volt. Kira2 dmna yg bermasalah? Untk ic SMPS Pake 0565, transistor tl 431.

KANG MJ mengatakan...

Kalo diperhatikan dari apa yang saudara sampaikan, dimana tegangan pada kapasitor (elco) 33mF/400V yang drop/turun menjadi 199,8 V ada kemungkinan besar kerusakan terjadi pada elco itu sendiri (elco bocor = cairan elektrolitnya keluar). Coba anda lepas elco 33mF/400V lalu lihat bagian kaki-kakinya apa terdapat cairan kuning kecoklatan didekat kaki-kaki elco, kalo ada berarti kapasitor sudah bocor sehingga kapasitansinya sudah banyak berubah.

Martnico Nainggolan mengatakan...

Salam kenal kang MJ

Saya nico ingin bertanya diluar topik. Apakah ada ic pengganti untuk ic sd 4841p. Ic tersebut merupakan ic smps untuk regulator power supplay reciver saya. Saya sudah coba cari tapi tidak ketemu.

Thanks

MrKANGMJ Joe Sentosa Jaya mengatakan...

Kalo kita lihat pada datasheet pdf dari IC SD4841P adalah DIP-8 dimana pin-1 dan pin-2 adalah S-GROUND dan P-GROUND, pin-3 VDD, pin-4 FB=FeedBack, pin-5 NC=No Connect, pin-6,pin-7 dan pin-8 Drain.

Sedang pada datasheet pdf IC VIPER22A juga DIP-8 dimana pin-1 dan pin-2 adalah GROUND, pin-3 FB=FeedBack, pin-4 VDD, pin-5,pin-6,pin-7 dan pin-8 Drain.

Jadi yang berbeda adalah pin-3 dan pin-4 berbalikan fungsinya, yang harus dilakukan adalah memutus jalur tembaga pada pin-3 dan pin-4 lalu sambungkan jalur ke pin yang sesuai fungsinya. Dan untuk pin-5 untuk menjadi sama dengan IC SD4841P juga buat NC (tidak di-solder)

Harlan Siswadi mengatakan...

salam kenal,
kalau tegangan -12 dan +12 v turun 10.76v kira2 apa ya tks.

Mr KANGMJ mengatakan...

sdr. harlan, coba regulator dvd jangan diberi beban artinya lepaskan soket yg ke arah modul mpeg, ukur tegangan-tegangan output regulator tsb, tegangan apa tetap drop?? Jika tidak, coba cek modul mpeg di bagian ic pre amp audio, karena pada umumnya tegangan -12V dan 12V dipakai sebagai tegangan Vcc ic pre amp audio. Ada kemungkinan ic tsb mengalami kerusakan. Apabila regulator tanpa dibebani tegangan outputnya turun dari yang dikehendaki, coba periksa elco-elco sebagai filter yg letaknya setelah diode high speed untuk masing-masing tegangan tsb. biasanya 470mF/25V atau 1000mF/25V
Mudah-mudahan bisa membantu.
Salam Tek-Tek
Dari Kang MJ

Mr KANGMJ mengatakan...

sdr. harlan, coba regulator dvd jangan diberi beban artinya lepaskan soket yg ke arah modul mpeg, ukur tegangan-tegangan output regulator tsb, tegangan apa tetap drop?? Jika tidak, coba cek modul mpeg di bagian ic pre amp audio, karena pada umumnya tegangan -12V dan 12V dipakai sebagai tegangan Vcc ic pre amp audio. Ada kemungkinan ic tsb mengalami kerusakan. Apabila regulator tanpa dibebani tegangan outputnya turun dari yang dikehendaki, coba periksa elco-elco sebagai filter yg letaknya setelah diode high speed untuk masing-masing tegangan tsb. biasanya 470mF/25V atau 1000mF/25V
Mudah-mudahan bisa membantu.
Salam Tek-Tek
Dari Kang MJ